Latest Updates

Manfaat Stroberi untuk Kesehatan

Entah dalam bentuk segar atau beku, tidak ada yang menyagkal bahwa stroberi merupakan buah yag amat populer, namun juga amat bermanfaat untuk kesehatan. Berikut ini 10 manfaat kesehatan dari stroberi yang cukup mengejutkan.

stroberi untuk kekebalan tubuh
Stroberi Sumber Vit.C
Makanlah lebih banyak stroberi
Jika Anda belum menjadi penggemar stroberi, Anda harus. Bukan saja stroberi itu segar dan lezat, stroberi juga makanan super yang bonafide. Kaya nutrisi dan antioksidan (seperti vitamin C), stroberi menawarkan berbagai manfaat kesehatan, beberapa di antaranya mungkin akan mengejutkan Anda. Berikut adalah 10 alasan Anda harus makan lebih banyak stroberi.

Stroberi meningkatkan kekebalan
"Stroberi merupakan sumber vitamin C," kata ahli gizi dari Toronto, Madeleine Edwards. Kebanyakan mamalia, kecuali manusia, memiliki kemampuan untuk memproduksi vitamin C secara alami. Itulah sebabnya mengapa begitu penting untuk memenuhi kebutuhan harian Anda akan Vitamin C. "Satu porsi stroberi mengandung 51,5 mg vitamin C, sekitar setengah dari kebutuhan harian Anda," kata Edwards. "Double porsi sampai satu cangkir stroberi sudah memenuhi 100 persen kebutuhan." Vitamin C adalah immunity booster yang terkenal, serta antioksidan kuat yang bekerja dengan cepat. Sebuah studi UCLA tahun 2010 menemukan bahwa kekuatan antioksidan dalam stroberi menjadi "bioavailable" atau "siap untuk bekerja dalam darah" setelah makan buah hanya beberapa minggu.

Stroberi meningkatkan kesehatan mata
stroberi untuk kesehatan mata
Stroberi Mencegah Katarak
Sifat antioksidan dalam stroberi juga dapat membantu mencegah katarak - pengaburan pada lensa mata yang dapat menyebabkan kebutaan pada usia yang lebih tua. Mata kita membutuhkan vitamin C untuk melindungiya dari paparan radikal bebas sinar UV matahari yang kuat, yang dapat merusak protein di lensa mata. Vitamin C juga memainkan peran penting dalam memperkuat kornea mata dan retina. Meskipun dosis tinggi vitamin C telah ditemukan meningkatkan risiko katarak pada wanita di atas 65, peneliti dari Karolinska Institutet di Stockholm mencatat bahwa risiko tersebut berhubungan dengan Vitamin C yang diperoleh dari suplemen, bukan vitamin C dari buah-buahan dan sayuran.
stroberi cegah keriput
Stroberi untuk Ketahanan Kulit
Stroberi membantu melawan kanker
Vitamin C merupakan salah satu antioksidan yang dapat membantu dalam pencegahan kanker, karena sistem kekebalan tubuh yang sehat adalah pertahanan tubuh terbaik. Juga mengandung fitokimia yang disebut asam elagat, yang juga ditemukan dalam stroberi. "Asam elagat telah terbukti menghasilkan anti-kanker seperti kanker dengan menekan pertumbuhan sel," kata Edwards. "Stroberi [juga] mengandung antioksidan lutein dan zeathancins. Antioksidan adalah pemangsa radikal bebas dan menetralisir efek negatif radikal bebas pada sel-sel kita," katanya. Istilah "radikal bebas" mengacu pada sel-sel yang rusak yang melemahkan sel-sel lain di sekitar mereka dalam upaya untuk memperbaiki diri, yang dapat menyebabkan kelainan sel dan bahkan kanker.

Stroberi mencegah keriput
Kekuatan vitamin C dalam stroberi sangat penting untuk produksi kolagen, yang membantu untuk meningkatkan elastisitas dan ketahanan kulit. Karena kita kehilangan kolagen dengan bertambahnya usia, makan makanan yang kaya vitamin C dapat membuat kulit lebih sehat dan tampak lebih muda. Tapi vitamin C bukanlah satu-satunya pencegah keriput alami yang ditemukan dalam stroberi. Para peneliti di Universitas Hallym di Republik Korea menyimpulkan bahwa asam elagat jelas mencegah perusakan kolagen dan respon-inflamasi, dua faktor utama penyebab keriput dalam sel kulit manusia, setelah terpapar terus dengan sinar UV-B yang menyebabkan kerusakan kulit.

Stroberi melawan kolesterol jahat
Menurut Yayasan Jantung dan Stroke, penyakit jantung merupakan salah satu penyebab utama kematian di kalangan wanita Kanada. Untungnya, stroberi juga mengandung penjaga kesehatan jantung yang kuat. "Asam elagat dan flavonoid - atau fitokimia - dapat memberikan efek antioksidan yang menguntungkan kesehatan jantung dalam berbagai cara," jelas Edwards. "Salah satunya menangkal dampak low-density lipoprotein, atau LDL - kolesterol jahat dalam darah, yang menyebabkan plak menumpuk di arteri. Cara kedua adalah memberikan efek anti-inflamasi, yang juga baik untuk jantung. "Para peneliti di Clinical Nutrition and Risk Factor Modification Center di Toronto mempelajari dampak stroberi pada diet penurun kolesterol dan menyimpulkan bahwa menambahkan stroberi pada diet mengurangi kerusakan oksidatif, serta lipid darah lipid - keduanya memainkan peran dalam penyakit jantung dan diabetes.

Stroberi mengurangi peradangan
stroberi atur tekanan darah
Stroberi Atur Tekanan Darah
Antioksidan dan fitokimia yang ditemukan dalam stroberi juga dapat membantu mengurangi peradangan pada sendi, yang mungkin menyebabkan arthritis dan juga dapat menyebabkan penyakit jantung. Sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi 16 atau lebih stroberi per minggu 14 persen lebih rendah untuk mengalami peningkatan kadar C-reactive protein (CRP) - indikasi peradangan dalam tubuh.


Stroberi mengatur tekanan darah
Kalium adalah nutrisi yang lain lagi untuk jantung sehat, dan dengan 134 mg per porsi, stroberi dianggap sebagai "sumber sedang," menurut Alberta Health Service. Kalium dapat membantu mengatur tekanan darah dan bahkan dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dengan bertindak sebagai penyangga terhadap efek negatif dari natrium. Dengan dampaknya terhadap pengurangan LDL, peradangan dan tekanan darah tinggi, stroberi telah mendapatkan gelar sebagai salah satu buah kesehatan jantung.

Stroberi meningkatkan serat
Serat merupakan keharusan bagi pencernaan yang sehat, dan stroberi secara alami mengandung sekitar 2 g serat per porsi. Masalah yang dapat timbul dari kurangnya serat termasuk sembelit dan divertikulitis (peradangan usus) yang terjadi pada sekitar 50 persen pada orang yang berusia 60 lebih. Serat juga dapat membantu dalam memerangi diabetes tipe 2. "Serat membantu memperlambat penyerapan gula (glukosa) dalam darah," kata Edwards. "Akibatnya, orang dewasa yang menderita diabetes dapat menikmati stroberi-dalam jumlah sedang sebagai bagian dari menu mereka."

Stroberi membantu menjaga berat badan
stroberi jaga berat badan
Stroberi Untuk Tubuh Langsing
Menjaga berat badan yang sehat adalah salah satu pertahanan terbaik terhadap diabetes tipe 2 dan penyakit jantung, dan tentu saja baik untuk kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan. "Stroberi secara alami rendah kalori (sekitar 28 kkal per porsi), bebas lemak dan rendah sodium dan gula," kata Edwards. Stroberi memang mengandung gula alami, namun kandungan total gula cukup rendah, 4 gram per porsi; dan kandungan karbohidrat total setara dengan kurang dari setengah potong roti. Tiga porsi sampai 1,5 cangkir stroberi mengandung kurang dari 100 kalori.

Stroberi meningkatkan kandungan
Folat adalah Vitamin B yang dianjurkan bagi wanita hamil atau ingin hamil, dan stroberi merupakan sumber Vitamin B yang baik dengan 21 mcg per porsi. Folat dibutuhkan di tahap awal kehamilan untuk membantu perkembangan otak janin, tulang kepala dan tulang belakang, dan asam folat dalam stroberi bisa membantu mencegah cacat kelahiran seperti spina bifida.


Baca juga:
Manfaat Mengkudu untuk Kesehatan dan Pengobatan
10 Sayuran dan Buah-Buahan yang Paling Kaya Nutrisi
Manfaat Kesehatan Buah Delima
Pengobatan Mencret Secara Herbal

0 Response to "Manfaat Stroberi untuk Kesehatan"

Poskan Komentar

Total Pageviews

Temukan Tips Tentang

adas adas pulowaras air dingin air kelapa akar landep akar rambut alang-alang almond aloe vera Alzheimer amandel ambeien anemia anggur anti-aging anti-radang antibiotik antikanker antioksidan antipenuaan apel apokat apple cider vinegar ARMD aroma menyengat arthritis asam asam amino asam amino esensial asam apel asam cuka asam folat asam jawa asam oleat asam urat ASI asma asparagus awet muda bahan makanan baking soda bandrek batu empedu batuk bau badan bawang merah bawang putih bayam bayam merah bayam putih bedak belerang belimbing belimbing sayur belimbing wuluh beluntas benalu bengkak Bengle beras kencur berat badan berry betakaroten biji asam biji bunga matahari biji labu biji lupin biji nangka biji pepaya biji semangka binahong bioaktif fitokimia bisul bit bluberi body building borok brokoli bronkitis buah buah apukat buah naga buah pace buah pepaya buah pinang buah-buahan bula batu bulu alis mata bulu mata bumbu masak bungkuk cabai cacar air cacing cacing kremi cacing pita cacing tambang cacingan cadangan alkali tubuh campak capek cengkeh chicken nugget chymopapain cocor bebek coklat cranberries cuka cuka apel dadap merah dadap serep daging daging olahan darah rendah datang bulan daun asam daun belimbing wuluh daun beluntas daun congcorang daun dadap serep daun dandang gendis daun delima daun dewa daun duduk daun encok daun jambu biji daun jintan daun kaki kuda daun kapuk randu daun kembang sepatu daun kentut daun ketepeg cina daun kujang daun madu daun pandan daun pepaya daun salam daun sambiloto daun sembukan daun sendok daun sirih daun sirsak daun ungu daya ingat daya kerja otak daya tahan tubuh dehidrasi delima demam demam berdarah demam nifas demam tipoid demensia depresi detoks DHEA diabetes diabetes mellitus diare dietary fiber disentri diuretik duct tape earphone eksem enau encok energi Enzim proteolitik es batu fenofibrat fenolik fibrin Fibroblast Growth Factor fitokimia flavonoid fosfor gairah gandum gangguan emosi gangguan jantung gangguan kejiwaan gangguan liver gangguan pencernaan garam garam Inggris gatal gegar otak gemuk gigi gigi kuning gigitan binatang berbisa gigitan nyamuk global warming glutathione GMO food gondongan gula gula aren gula batu gula darah gula dimurnikan gula merah gusi berdarah hamil hamil muda hepatitis herpes zoster hipertensi hot dog ikan ikan tuna ikatan rambut imun infeksi infeksi bakteri infeksi jamur infeksi paru inflamasi arthritis iritasi iritasi usus jagung jahe jambu biji jantung jerawat jeruk jeruk nipis jus lemon kacang kadar gula darah kafein kalium kalogen kalsium kamomil kanker kanker ginjal kanker mulut kanker pankreas kanker paru-paru kanker payudara kanker prostat kanker usus besar kapur sirih karbohidrat karotenoid katarak kayu putih kebersihan kecantikan kulit kecantikan rambut kecoak kedelai keguguran kehalusan kulit kejibeling keju kekebalan tubuh kelapa kelapa hijau kelapa hijau muda kelembaban kulit kelengkeng kembang sepatu kencing berdarah kencing manis kencur kentang keperkasaan keputihan keriput kesehatan bayi kesehatan jantung kesehatan kulit kesehatan mata keseleo kesuburan ketela rambat ketombe kolagen kolera kolesterol kopi kranberi kubis kue kuku kulit kulit buah delima kulit durian kulit kayu delima kulit mangga kulit pisang kunyit kurang darah kutil kutu kutu kelamin lalapan mentah Laminine latihan fisik lelah lemah syahwat lemak tak jenuh lemon lempuyang wangi lengkuas lentil leukemia lever libido lidah buaya likopen liver lobak luka lumut lupus lutein lutein karotenoid lycopene maag mabuk madu magnesium mahoni makanan makanan diet makanan olahan mandi mangga manggis masker wajah massa otot masuk angin mata melancarkan ASI melanoma melati memar membantu tidur memulihkan stamina memutihkan kulit mencret mengkudu mengobati luka mengurangi stress menstruasi mentimun merokok metabolisme migrain mimisan mineral minuman minyak atsiri minyak jarak minyak kelapa minyak pohon teh minyak terhidrogenasi minyak zaitun mood mual mulas muntah myocardium nafsu makan nanas natural skin whitening ngokilo noda hitam noni nyeri haid oatmeal obat bisul obat nyamuk obat pemutih alami obat sakit perut obat sariawan olahraga omega-3 operasi panu papain parasit Parkinson patah tulang payudara pedas pegal linu pektin pelepah daun enau peluruh air seni peluruh keringat pemanis buatan pembekuan darah pemutih kulit pencahar pencernaan pendarahan penggumpalan darah penghangat penuaan penurun panas penyakit jantung penyakit kulit penyakit mata penyerapan nutrisi pepaya pepermin peradangan perawatan kulit perawatan rambut perbaikan sel peredaran darah pernapasan perut kembung perut mulas pestisida petai pewarna alami pilek pisang plag gigi plastik pneumonia polifenol popcorn posisi tidur postur tubuh produk peternakan profil lipid protein psoriasis pulosari pupuk organik putih telur radang amandel radang ginjal radang telinga radang tenggorokan radang usus radikal bebas ragi rambut rontok rasa kenyang regenerasi sel rematik resistensi insulin resveratrol reumatik rosemary rosiglitazone roti kering sakit ginjal sakit gusi sakit kepala sakit lambung sakit mata sakit paru-paru sakit perut sakit pinggang salmon ternak sambal sansevieria sari jeruk sariawan sayuran sedotan segar sekoteng semangka sembelit semut semut hitam sendawa seng serangan jantung serat serat pangan sereal serotonin sesak napas sinom sirih belanda sirkulasi darah sistem kekebalan sistem saraf pusat sitrun soda soda pop stamina strawberi stress stroberi stroke struktur sel suhu tubuh susah buang air kecil susu syaraf tahu tawas TBC teh tekanan darah tekanan darah tinggi telur temugiring temulawak tenggorokan lega tepung maizena terung ngor tetanus tetes mata thiamine tips tiramin tiroid toleransi glukosa tomat tonik tukak lambung tumor ubi jalar ulat ulkus unggas urushiol vegetarian vitamin Vitamin A Vitamin B kompleks Vitamin B1 Vitamin B12 Vitamin B2 Vitamin B3 Vitamin B6 Vitamin C Vitamin E Vitamin K wasir wedang sinom wortel yogurt zat besi